Cara Mendapatkan Pembaca Setia Blog

Cara Mendapatkan Pembaca Setia Blog - Sebenarnya saya tidak punya jawapan yang pasti, agak sulit untuk mendapatkan jawapan tepat jika yang dibahas adalah ‘emosi manusia’ bukan ‘robot crawler', dan semua orang ingin blog tumbuh dan berkembang dan mempunyai pembaca setia.

Cara Mendapatkan Pembaca Setia Blog
Membuat pengunjung kepada pembaca setia bukanlah hal mudah kerana mereka akan membaca kisah yang sama, gaya tulisan yang sama dalam waktu yang lama. Mereka adalah pembaca yang konsisten secara teratur membaca blog , menyebar artikel dan meninggalkan komentar berkualitas tinggi.

Bagaimana membuat pengunjung blog menjadi pembaca setia? tidak akan sama walaupun kita punya trafik  beribu sehari tetapi mereka hanya datang dan pergi dibandingkan 100 pembaca berdedikasi, yang memahami gaya penulisan kita, walau pun hanya sekadar sebaris kata.
Artikel sebelumnya: Template Blog Keren Seo Responsif NewPowerGame
Hari ini saya ingin berbagi cara untuk membuat pengunjung blog menjadi pembaca berdedikasi

Cara Mendapatkan Pembaca Setia Blog

Jadilah diri sendiri - Tak perlu menjadi seperti si dia hanya kerana dia telah berhasil didunia blogging.

Berbagi pengalaman - Contoh jika kita pergi ke sebuah tempat yang menarik, bukan tempat yang perlu dilihat dengan foto selfie diri sendiri tetapi pengalaman kita yang ingin pembaca ketahui.

Fokus pada manfaat untuk pembaca - Artikel selayaknya bisa membantu dan memberikan manfaat kepada pembaca. Focus on benefits, not features.

Konsisten mengurus blog - dalam hal ini adalah rutin untuk memposting artikel terbaru di blog yang kita miliki, jangan biarkan blog terlalu lama tidak ada artikel terbaru, ya minimal seminggu sekali, lebih sering malah lebih bagus sekali.

Menulis untuk manusia, Bukan mesin pencari (search engine) - Pembaca blog yang berdedikasi adalah seorang manusia, jadi mereka tidak mau ‘dimanipulasi’ untuk kepentingan sebelah pihak. Memang lalu lintas trafik meningkat pada carian katakunci yang trending topic, tetapi mereka hanya datang dan pergi, bukan sebagai pembaca berdedikasi.

Berinteraksi dengan pengunjung - salah satu manfaat komunikasi sehingga pengunjung dapat membentuk hubungan baik dengan pemilik blog dan merasa seperti mereka membaca dari seseorang yang mereka kenal,

Saya gunakan ganti nama diri “saya” apabila menulis posting tetapi seandainya membalas komentar kepada pengunjung yang telah lama dikenali, gunakanlah nama atau panggilan seolah seorang sahabat yang sudah lama dikenal.

Saya melihat pada isi komentar sebuah blog adalah identitas blog tersebut. Dari komentar yang ditinggalkan, kita tahu seberapa keakraban antara pemilik blog dan pembacanya ... benar gak seh ?
Baca juga: Pengertian Dan Pemahaman Tentang Internet Marketing
Ini adalah pendapat saya sebagai penulis blog, tentu pembaca punya pendapat sendiri mengapa mereka bisa menjadi pembaca yang berdedikasi. Mereka saja yang bisa memberi jawapan yang tepat.

Have fun, and your blog will be fun

12 comments:

  1. kalau menurut saya jika ingin mendapatkan pembaca setia ya mesti jemput bola mas,dengan cara blogwalking dan meninggalkan komen yg sopan dan sesuai topik.dan itu sudah terbukti diblog saya

    ReplyDelete
  2. salut deh sama blog-nya kang yanto yg sudah mempunyai pengunjung tetap dan juga pembaca setia, makasih banget atas saran dan masukannya.

    ReplyDelete
  3. kalau saya lebih seneng Jadilah diri sendiri, kebanyakan narablog sekarang sukanya kan ikut2an

    ReplyDelete
  4. bener sahabat Rizky, dengan menjadi diri sendiri, pembaca di blog kita akan lebih mudah dalam mengenal karakter kita dan itu akan membuat mereka mudah akrab.

    iya, kita juga gak perlu ikut-ikutan blogger yang udah terkenal, tapi mereka layak untuk dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam dunia blogging

    ReplyDelete
  5. Sarannya oke banget. Saya setuju dengan semua tipsnya, tapi prakteknya itu lho, ngga mudah.

    ReplyDelete
  6. iya mbak lina, susah banget tuh prakteknya terutama soal mengurus blog secara konsisten, kata orang yang susah itu akan jadi mudah kalo udah terbiasa, hehehe :)

    ReplyDelete
  7. Artikel di blog akan sering dikunjungi dan dibaca oleh pengunjung setia, apabila artikel tersebut punya 3 ciri: menghibur, mencerahkan, dan bermanfaat. Paling tidak memenuhi 2 ciri yang terakhir. (EnglishKita.com)

    ReplyDelete
  8. keren gan masukkannya, saya rasa emg setiap org punya pendapat sendiri soal artikel ini, makasih atas kunjungannya
    :)

    ReplyDelete
  9. kalo orang jualan online ketika ada barang baru baru bisa bisa buat artikel baru.

    http://agenhasilalamjambi.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Kalau saya lebih suka menjadi diri sendiri mas. :)

    ReplyDelete
  11. iya mas, begitu emg lebih baik

    ReplyDelete
  12. Anonymous12:24

    Assalaamu'alaikum wr.wb Wahyudi... Alhamdulillah, semua perkara di atas banyak memberi inspirasi buat saya untuk menghasilkan sumbangan dalam berkongsi ilmu dengan teman pembaca. Yang penting jadilah diri sendiri dan menulislah ikut gaya sendiri. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak

    ReplyDelete