Alexa Rank VS Pagerank - Mana Yang Lebih Penting ?

Alexa Rank VS Pagerank - Mana Yang Lebih Penting ?Lebih penting mana antara Alexa Rank dan Page Rank?

Sejauh yang saya ketahui, blog tidak bisa dipisahkan dari page rank dan alexa rank. Page rank merupakan ukuran kepopuleran suatu blog yang diberikan oleh Google, sedangkan alexa rank adalah ranking trafik (jumlah pengunjung dan jumlah halaman yang dilihat di suatu website/blog) yang diberikan oleh alexa.com.

Pertanyaan yang sering saya ajukan pada diri sendiri adalah lebih penting mana: page rank atau alexa rank?

Setelah mengamati beberapa blog termasuk blog milik blogger top seperti Yaro Starak, Dosh Dosh, Caroline Middlebrook, dan John Chow, saya berpendapat bahwa alexa rank lebih penting dibanding Page Rank. Mengapa?


Alexa Rank VS Pagerank

Alasan saya sebagai berikut:

1. Alexa rank menentukan jumlah penghasilan seorang blogger
Semakin bagus nilai alexa suatu blog (di bawah 50,000), makin banyak pengiklan yang ingin memasang iklan.

2. Alexa rank menunjukkan keaktifan seorang blogger tersebut.

Semakin aktif dia meng-up date dan berinteraksi dengan blogger lain, semakin bagus juga nilai alexa-nya. Saya beberapa kali melihat blog ber-PR 3, namun postingan terakhirnya setahun yang lalu.

Atas dasar dua alasan itulah, target 6 bulan pertama saya adalah menaikkan nilai alexa di bawah 100 ribu. Harapannya dengan nilai alexa di bawah 100 ribu, saya bisa memonetisasi blog ini dengan afiliasi sehingga bisa menjadi sumber Meraih Income Lewat Internet bagi saya.

Menurut Anda bagaimana, lebih penting page rank ataukah alexa rank?

2 comments:

  1. Saya sudah dua bulan ini peringkat alexanya turun. Walau sudah saya update tiap hari sejak sebulan lalu, tidak naik-naik. Malah turun lagi. Padahal, traffic saya sebulan terakhir melesat jauh dari bulan sebelumnya. Kenapa ya?

    ReplyDelete
  2. banyak faktor alexa rank naik turun, kalo update posting bisa ningkatkan alexa rank itu gak bisa dipastikan.

    jgn lupa hal mendasar yakni claim site/verifikasi ke website alexa dan pasang kodenya di html blog.

    ReplyDelete