9 Alasan Mengapa Blog Semakin Populer

9 Alasan Mengapa Blog Semakin Populer - Seperti diketahui, sekarang ini blog lagi populer. Technorati baru-baru ini melaporkan bahwa blog yang mereka indeks lebih dari 120 juta blog. Pertanyaan yang layak diajukan adalah mengapa blog begitu populer sekarang ini? Di bawah ini saya menguraikan 9 alasannya, hasil penelusuran dari sejumlah sumber.

Sebelum mengupas alasan-alasan tersebut, saya jelaskan secara singkat apa itu blog. Siapa tahu saja di antara Anda belum ada yang mengetahuinya.

Apa itu blog?

Ilustrasi blog Kata blog sendiri berasal dari kata weblog yang artinya catatan harian (jurnal, diary) yang dipublikasikan di internet. Oleh karena catatan harian, tak heran bila tema blog beragam. 


Artikel sebelumnya : Membuat Artikel Jitu Dan SEO Friendly

Mulai dari mewartakan kejadian yang ditemui sesorang di lokasinya, ibu-ibu yang menuliskan pengalamannya dalam memasak dan membesarkan anak, para sastrawan yang mempublikasinkan kembali karya-karyanya, artis atau atlet yang menceritakan kehidupan sehari-harinya, hingga beberapa menteri yang juga ngeblog untuk menyampaikan pandangan-pandangannya.


9 Alasan Mengapa Blog Semakin Populer

Alasan blog begitu populer, sejauh pemahaman saya, setidaknya ada 9 alasan mengapa blog begitu populer. Di bawah ini uraian singkatnya.

1. Banyak penyedia blog gratisan seperti wordpress, blogger, blogdetik, dan sebagainya. Dengan bermodal email gratisan pula, kita tinggal daftar tanpa dipungut biaya.

2. Blog gratisan lebih mudah digunakan. Kita gak perlu pusing untuk mengerti apa itu HTML dan CSS. Penyedia blog gratisan umumnya telah mengemasnya dalam format yang semudah-mudahnya, sehingga kita tinggal klak-klik saja. Bandingkan bila kita membuat website, tentunya kita harus paham betul bahasa pemrograman seperti PHP, Javascript, HTML dan CSS.

3. Karena mudah digunakan, blog bisa di-update tiap hari. Sebagai contoh, kita bisa mempostingkan tulisan kita setiap saat asal koneksi internetnya lancar.

4. Blog memungkinkan pemilik blog dan pengunjungnya untuk saling berkomunikasi baik lewat komentar di blog, facebook maupun twitter.

5. Blog mampu menjalin sebuah komunitas/forum, salah satu komunitas blogger yakni idblogschool.com.

6. Blog banyak menyediakan informasi dan bebebagai hal yang gratis, seperti software, template, ebook dll.

7. Blog umumnya lebih cepat terindeks search engine google dan menempati urutan teratas dibanding website. Ini disebut para ahli sebagai SEO friendly. Dengan demikian, blog berpeluang lebih besar dikunjungi.

8. Beberapa penyedia mesin pencari dan pengiklan membutuhkan media baru untuk menyebarkan iklan. Sebelumnya iklan dipublikasikan lewat media cetak atau media elektronik. Dengan menggunakan blog, iklan tersebut akan cepat tersebar ke seluruh dunia.

9. Beberapa website produk kelas dunia menyediakan blog aggregator untuk blog yang mereview produknya.

Punya blog yang didatangi oleh pengunjung tetap mempunyai banyak keuntungan. Salah satu keuntungan yang jelas adalah memudahkan pebisnis online memasarkan produknya. Mau jualan apa saja kemungkinan besar bisa sukses. Kenapa? Karena sudah ada market spesifik yang sesuai dengan niche yang anda tekuni. Boleh jadi pada awal-awal mereka berkunjung hanya say hello lalu kabur begitu.

Tapi kalau tiap hari mereka dicekoki dengan pemikiran-pemikiran anda, maka proses hypnoarticle (menghipnotis pikiran seseorang melalui artikel blog) makin mudah merasuk ke pikiran mereka. Emangnya bisa menghipnotis pikiran melalui artikel? Bisa aja dong.

0 comments:

Post a Comment