Tips Trik Penerapan Backlink Untuk Seo Web/Blog

Tips Trik Penerapan Backlink Untuk Seo Web/Blog - Kuncinya, untuk berada posisi yang sangat tinggi di search engine, anda perlu mendapatkan banyak tautan balik berupa link berisi kata kunci yang anda targetkan. Ini disebut dengan “Anchor Text”, dan bagaimana cara cepat mendapatkan sebanyak mungkin anchor text (back link berupa kata kunci ) ini?

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa baclink sangat penting untuk mendongkrak kemajuan SEO suatu web/blog dimata mesin pencari agar web/blog tersebut bisa bertengger di halaman 1 pada situs pencarian.


Artikel sebelumnya: Cara Meningkatkan Pengalaman Pengguna Situs Anda

Untuk itulah sebagai seorang blogger pemula ataupun webmaster, baclink merupakan kewajiban yan tidak boleh tidak dalam Trik Penerapan Backlink Untuk Seo Web/Blog,  berikut beberapa trik yang dapat anda terapkan pada web/blog anda:

Tips Trik Penerapan Backlink Untuk Seo Web/Blog

1. Blog Comment/Blogwalking
untuk membangun backlink dengan cara blog comment yang anda harus lakukan hanyalah memberikan komentar pada artikel di jenis website free blog seperti blogspot dan wordpress. pastikan anda dapat menginputkan URL website anda pada kotak komentar tersebut. Pastikan Comment Anda relevan dengan postingan blog.

Jika Anda sering meninggalkan comment dengan kata-kata yang tidak relevan dengan isi postingan saya pastikan comment Anda hanya akan masuk kotak spam. Contoh kata-kata yang 100% masuk kotak spam.
- Nice website.
- Thaks for share
- Nice info.
- I love u’r site.
- Dll
Jika Anda sering menggunakan kata-kata tersebut dalam comment, maka mulai sekarang buang lah cara tersebut.

Sangat disarankan sebelum berkomentar, baca terlebih dahulu artikelnya, berkomentarlah sesuai tema artikel tersebut, dan bila komentar anda menarik, kemungkinan ada pengunjung yang tertarik dengan komentar anda dan mereka meng-klik URL blog sobat, sobat bisa mendapatkan keuntungan lain yakni TRAFFIC.  

2. Contextual Link
untuk membangun backlink dengan contextual link yang anda harus lakukan adalah mendapatkan link dari artikel di website lainnya. Cara contextual link relative tidak mudah untuk dilakukan dikarenakan kita harus meminta izin atau membayar si pemilik blog untuk memasang link website anda pada artikelnya.

3. Link Profile
membangun akun dibanyak jenis website seperti social bookmarking, social networking, forum ataupun lainnya dimana anda dapat menginputkan link url website anda pada bagian profile tersebut.


  • Sebagian forum memperbolehkan meletakan link di bagian profil-nya, jika forum tersebut tidak bisa, silakan cari forum lain. 
  • Jika telah meletakan link Anda pada bagian profil, silakan ping profil Anda tersebut menggunakan pingomatic bookmarklet. 

4. Link Exchange
yaitu cara bertukar link dengan website lain dengan peranan website pihak ketiga, anda dapat melakukan pertukaran link hanya dengan semua sumber yang ada pada website pihak ketiga contoh gotlinks.com, linkmarket.net namun nanti menghasilkan backlink yang tidak searah. sedangkan backlink yang baik adalah yang searah yaitu dimana backlink menuju ke website URL anda, bukan anda menuju ke website lain.



Tips Trik Penerapan Backlink Untuk Seo Web/Blog
5. Link Wheel
salah satu metode cara membangun backlink dengan pola tertentu seperti putaran roda contoh : membangun backlink > squidoo > wordpress > blogger > quizilla > weebly > livejournal > yang semuanya itu menuju ke URL web anda.

Hanya perlu 3 Langkah simple untuk menempati posisi Google, hanya ada harga yang harus Anda bayar yaitu Konsistensi Anda dalam teknik SEO Anda. 3 langkah seperti ini :

  • Invetigasi competitor Anda, lihat backlink dan beberapa point dari situs tersebut. 
  • Bangun Onpage Anda, buatlah konten yang berkualitas dengan cara saya pada bagian Onpage.
  • Bangun backlink secara konsisten (yang lagi dibahas)
Teknik yang saya berikan bukanlah langkah mudah membuat blog Anda masuk halaman pertama google dalam waktu beberapa menit, atau beberapa jam saja. Dan saya tidak menggaransi untuk itu. Karena yang saya janjikan disini adalah “HUGE TRAFFIC” dari Google, dan bukan sekedar “menempati posisi 1 google”.

Anda mungkin bisa “menempati posisi 1 google”, dalam waktu beberapa menit, beberapa jam atau beberapa hari saja. Tapi percayalah Anda tidak akan mendapatkan “Huge Traffic” hanya dalam waktu beberapa menit, beberapa jam atau beberapa hari saja.

Lakukan secara konsisten selama 3 – 6 Bulan sampai pada akhirnya Blog Anda menggantikan posisi blog competitor Anda.

Selamat mencoba, happy blogging!

17 comments:

  1. Jadi kalau kita meletakkan link blog kita di youtube, facebook, twitter, profil blogger, google+ bisa dapat backlink juga ya gan?

    ReplyDelete
  2. situs2 yg agan sebutkan diatas itu nofollow tapi tetep diperhitungankan mesin pencari.

    kalo ng- link ke google+ itu wajib, sbg bukti kita kontributor di blog yg kita miliki serta memudah struktur data blog.

    ReplyDelete
  3. perlus diterapkan oleh setiap blogger nih tips tips nya mas.terutama point pertama yang palink efektif untuk membangun link

    ReplyDelete
  4. Makasih mas infonya. Perlu dicoba nih buat semua blogger. Apalagi yg blogwalking hehe sangat cepat menurunkan ranking alexa

    ReplyDelete
  5. @kang yanto : iya, point pertama emg efektif dan juga mudah namun cara pada point kelima menurut saya membangun backlink yg paling powefull karena beda platform

    @team seo idn: bner, blogwalking jg sangat bagus utk merampingkan alexa rank..
    tp jgn terlalu suka gnti template krn bisa bkin gendut lg alexa ranknya seperti yg saya alami, hahaha :)

    ReplyDelete
  6. ada IDE baru untuk Blog Comment/Blogwalking nich. . .

    seeiippp. . . terimakasih mas wahyudi. . . Blognya sangat Inspiratif sekali ^_^

    ReplyDelete
  7. blogwalking emg banyak manfaatnya,

    makasih kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  8. Satu masukan buat saya ,walau terkadang jengkel bila artikel tidak nongol di search engine,dan dengan tips artikel diatas semoga blog saya menjadi harapan saya..Thanks.

    ReplyDelete
  9. iya gan sama2, semoga bermanfaat utk membangun blog yg lbh baik kedepannya :)

    ReplyDelete
  10. Backlink sangat bermanfaat bagi web kita, semoga artikel ini sangat membantu saya, terima kasih infonya gan

    ReplyDelete
  11. kalao dengan manfaatin blog dummy gan ? pernah nyobain ga ?

    ReplyDelete
  12. kurang tahu juga gan, kalo blog dummy-nya punya page authority yg tinggi mungkin bisa berpengaruh, kalau gak berkualitas ya percuma saja

    namun yg pasti antara link yg masuk dan link yang keluar harus seimbang, biar blog kita gak dianggap blog spam sama google

    ReplyDelete
  13. Menurut saya informasi ini sangat membantu kita semua, website seperti ini akan terus dikunjungi orang dan mendapatkan trafic yang tinggi sekali. Salam sukses terus ya dari saya untuk anda

    ReplyDelete
  14. traffic blog saya masih sepi nih karena jumlah artikelnya cuman sedikit, hehe

    salam sukses jg buat mbak christine :)

    ReplyDelete
  15. Salam, Mas! Mkasih untk artikelnya tentang SEO ini.
    Untuk Link Exchange, sya blum begitu paham. Ada kalimat "peranan website pihak ketiga". Itu maksudnya website siapa dan darimana, Mas?

    ReplyDelete
  16. Link Exchange : backlink yang tidak searah, jadi kalo kita mau dapat backlink dari website lain, kita juga harus beri backlink kembali ke website tersebut

    ReplyDelete
  17. wah,.. mesti malem malem nih bacanya supaya dapat dicerna, terima kasih min..

    ReplyDelete