Arti Domain Authority Dan Page Authority

Arti Domain Authority Dan Page Authority - Domain Authority(DA) dan juga Page Authority(PA) merupakan satu pengukur yang digunakan untuk mengukur kualitas sebuah blog ataupun website selain page rank (sudah tidak update lagi)

Semakin tinggi DA dan PA sebuah website, maka semakin tinggilah kualitas laman tersebut.


Mungkin banyak yang tertanya-tanya dan belum tahu apakah sebenarnya yang dimaksudkan dengan domain authority(DA) dan page authority(PA)?


Artikel sebelumnya: BNPT dan Kemenkominfo Blokir 19 Situs Islam Indonesia


Arti Domain Authority Dan Page Authority

DOMAIN AUTHORITY (DA)
Domain Authority adalah tahap pengukuran kualitas terhadap sebuah domain. Semakin tinggi nilai DA tersebut, maka semakin tinggilah kualitas domain tersebut. 

Domain Authority bagi blogspot.com ialah 93 manakala bagi wordpress.com ialah 100. Diantara banyak faktor penentuan ranking sesebuah blog ataupun website di SERP, DA merupakan salah satu faktor penyebabnya.


Jadi jika kita menggunakan TLD ataupun top level domain (.com, .net, .biz dll), kita sudah kehilangan satu faktor di mata search engine. Domain Authority untuk blogspot, wordpress, tumblr dan web tidak akan berubah.


Sejauh mana penilaian domain authority ini dibuat berdasarkan beberapa faktor. Antaranya ialah usia blog, popularitas blog dan juga isi konten blog tersebut.


Usia sesebuah domain merupakan suatu penilaian kepercayaan kepada mesin pencari. Semakin lama domain tersebut aktif dalam memberikan maklumat kepada pembaca, maka mesin pencari akan membuat kesimpulan bahawa blog tersebut adalah satu sumber yang dipercayai dan memberi manfaat kepada pembacanya/pengunjung.


Popularitas domain diukur daripada kualitas domain bukan kuantitas domain yang masuk ke dalam blog tersebut. Dengan bahasa SEO nya backlink tersebut dipanggil inbound link. Inbound link akan memberikan isyarat kepada robot crawler bahawa blog tersebut layak dijadikan rujukan kepada laman yang memberikan link kepadanya. 


Sebenarnya backlink terhasil tanpa pengetahuan pemilik domain tersebut supaya nampak kenaturalannya. Mendapat backlink daripada laman yang ber-autority tinggi akan meningkatkan DA dan PA sesebuah website.


Isi konten laman juga mampu meningkatkan domain autority sebuah website atau blog. Untuk meningkatkan domain autority, selalulah update dengan artikel-artikel yang berkualitas, unik serta original


PAGE AUTHORITY (PA)

Page authority adalah satu istilah yang digunakan dalam SEO untuk menunjukkan kedudukan rangking sebuah page ataupun halaman dalam sesebuah blog. Nilai PA diukur dari nilai 0 hingga 100. Jadi semakin tinggi nilai PA, maka semakin tinggilah untuk berada posisi yang baik di SERP.


Arti Domain Authority Dan Page Authority
BAGAIMANA  MEMERIKSA DOMAIN AUTHORITY DAN PAGE AUTHORITY SEBUAH BLOG?

Ada beberapa website yang digunakan untuk memeriksa DA dan PA secara online. Antaranya ialah :


http://moz.com/researchtools/ose/

http://moonsy.com/domain_authority/
http://moonsy.com/page_authority/

Tetapi saya lebih suka memeriksa domain authority(DA), page authority(PA) dan Page rank(PR) secara bulk tanpa perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu


Baca juga: Tips Mempromosikan Blog ke Situs Social Bookmark


Sekian saja artikel saya tentang domain authority dan juga page authority, semoga bermanfaat

6 comments:

  1. Makasih ilmunya aku jadi tahu sekarang

    ReplyDelete
  2. sama-sama gan, trimakasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  3. Da dan PA memang perlu diperhatikan apalagi udah update sejak 5 Mei 2015.

    Mas udah mengeceknya belum?

    Ditunggu juga kedatangannya ke blog saya.

    ReplyDelete
  4. setelah saya cek PA blog saya ternyata poinnya turun satu angka..

    bener, PA sekarang sangat penting karena sebagai gantinya Pagerank, terimakasih sdh berkunjung ke blog saya mas

    ReplyDelete
  5. Setahu saya pagerank msh exist buatan alexa!? Sementara pa & da buatan moz.

    ReplyDelete
  6. pagerank dan rank yang dari alexa beda gan.. kalo pagerank milik google sedangkan alexa rangking itu seperti rapor untuk sebuah blog dan masih update tiap harinya.

    kalo pagerank emang msh eksis cuman gak diupdate lagi gara-gara banyaknya para spammer..

    kalo dibrowser ada add ons pagerank toolbar yang menampilkan pagerank sebuah blog atau website itu udah kadaluarsa

    iya bener, pa dan da itu buatan moz

    ReplyDelete