Strategi terbaik membangun internal link SEO

Strategi terbaik membangun internal link SEOStrategi terbaik membangun internal link SEO - Dengan algoritma Google terbaru saat ini, banyak ahli SEO yang tidak yakin, bahwa link eksternal tidak lagi efektif terhadap SEO. Semua upaya yang Anda gunakan, bisa rusak karena sebuah kesalahan kecil saja pada kampanye SEO Anda.

Link eksternal sangat sulit untuk benar-benar melebur diri dari pelacakan Mesin pencari, selain itu link eksternal harus  alami bukan dibuat 


Artikel sebelumnya: Cara Membuat Blog Yang Paling Menarik Di Internet

dengan cara nypam. Ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dikelola. Tapi Anda dapat membuat link secara manual dan dapat menjamin bahwa itu tidak akan meninggalkan jejak.
 

Internal link adalah sesuatu yang perlu Anda kelola pada bagian lain. Tujuan utama link internal adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan yang paling penting untuk SEO. Oleh karena itu, adanya link internal tetap dapat membangun strategi yang secara signifikan meningkatkan SEO web Anda.


Strategi Terbaik Membangun Link Internal SEO

1. Link Kontekstual
Kontekstual link adalah anchor text (backlink) yang tertanam dalam suatu postingan blog/website yang menuju kepada postingan blog/website lainnya, yang mungkin berguna bagi pembaca sebagai rujukan atau penambah daftar dari topic yang sedang anda bahas.

2. Posting Terkait
Merekomendasikan posting terkait dengan menambahkan bagian bagian tertentu pada setiap posting. Cara ini adalah agar pengunjung dapat mengklik pada posting ini, dan mempelajari lebih lanjut tentang topic terkait dengan posting.

Jadi Posting Terkait dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi tingkat bouncing pada situs web Anda.

3. Kategori
Untuk setiap posting, Anda harus selalu membuat atau menetapkan ke kategori. Dengan demikian situs Anda lebih baik, terorganisir dan membuatnya mudah untuk dinavigasi oleh pengguna situs. Tidak hanya sekedar untuk membantu mesin spider untuk indeks situs Anda.

4. Breadcrumbs
Breadcrumbs adalah cara untuk membantu pengunjung mengetahui dimana mereka berada, jika mereka masuk di sebuah posting atau halaman. Jika Anda memiliki situs yang besar, ini sangat direkomendasikan untuk mengimplementasikan Breadcrumbs.

Terutama jika Anda memiliki situs eCommerce, penting untuk memiliki, karena tidak hanya akan meningkatkan pengalaman pengguna, itu juga akan meningkatkan penjualan Anda.

5. Posting Populer
Sebagian besar orang ketika mengunjungi sebuah situs, mereka ingin membaca posting paling populer. Anda dapat menampilkannya di sidebar situs Anda. Karena banyak orang mengunjungi posting populer.

6. Sebelumnya atau Berikutnya (pagination)
Kembali atau berikutnya (pagination) , ini adalah pilihan bagi pembaca. Agar halaman blog bisa menunjukkan semua fungsi dalam bentuk

kutipan, pengunjung bahkan dapat cepat memilih posting Anda yang mungkin mereka tertarik, disamping menunjukan keramahan halaman pada pengguna

7. Sitemap
Peta halaman adalah halaman yang menampilkan semua halaman dan posting, dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Sebagian besar orang-orang akan mengunjungi sitemap untuk mencari topic yang mereka inginkan. Selain itu Sitemap membuat Spider, mudah memvisualisasikan struktur situs Anda dan indeks.

8. Permalink
Bila Anda membuat posting atau halaman, sangat disarankan agar Anda menggunakan permalink URL karena itu sangat  baik untuk peringkat SEO.

9. Istilah pencarian Umum
Menunjukkan istilah penelusuran umum atau istilah pencarian terpopuler, juga mendorong pengalaman pengunjung untuk istilah pencarian, karena ketika mereka datang ke situs Anda, sangat mungkin mereka akan tertarik dengan istilah pencarian terpopuler.

10. Link terbatas
Seperti apapun strategi yang Anda terapkan, Anda harus menghitung jumlah link pada suatu halaman. Secara umum, tidak lebih dari 100 link pada satu halaman.

Baca juga: 38 Jawaban SEO


Internal link juga cara yang efektif untuk mengurangi bounce rate (rasio pentalan) pengunjung yang meng-klik seberapa banyak jumlah halaman posting didalam blog anda.

6 comments:

  1. Terima kasih atas penjelasannya. ternyata ada kaitannya juga dengan breadcrumbs terhadap SEO.

    ReplyDelete
  2. tujuan breadcrumbs itu untuk memudahkan navigasi dari pengunjung blog, jadi mereka tahu posisi artikel yang sedang dibaca, apapun yg disukai pengunjung blog, udh jelas disukai mbah google jg..

    ReplyDelete
  3. Oh gitu ya gan. Nah, kalau sekarang apakah backlink, submit blog ke directorymasih berlaku gan?.

    ReplyDelete
  4. backlink atau biasa juga disebut inbound link jelas sangat penting utk memaksimalkan artikel blog kita dalam mendapatkan posisi bagus di SERP (mesin pencari) seperti google dan membangun inbound link hrs secara konsisten sama halnya update konten di blog

    submit ke directory blog, itu utk mendapatkan backlink dan masih berlaku sampai sekarang..

    ReplyDelete
  5. Ok, sip gan. Thanks penjelasannya.

    ReplyDelete