Penyebab Blogger Gagal dan Blog Tidak Berkembang

Penyebab Blogger Gagal dan Blog Tidak Berkembang Penyebab Blogger Gagal dan Blog Tidak Berkembang - Mengapa hanya beberapa saja blogger yang berhasil? Mengapa tidak semua blogger? Ada yang mengatakan, mudah kok jadi blogger. Tulis dan tulis. Tetapi kenapa kita perhatikan dalam komunitas blogger ada yang begitu menonjol dan ada yang tidak.

Kebanyakan blogger gagal kerana beberapa hal.

Penyebab Blogger Gagal

Pertama, mereka berfikir bahawa blog adalah cara untuk mendapatkan uang dengan cara mudah, tetapi sebenarnya blogging memerlukan komitmen yang tinggi.

Kedua, mereka tidak mempunyai apa-apa tujuan yang jelas. Tidak ada semangat untuk menulis dan akhirnya kehilangan minat.

Setiap hari ada saja sesuatu yang baru untuk belajar dan berbagi. Pembaca yang memberi feedback setiap yang saya tulis melalui komentarnya, walaupun hanya perkara remeh menjadi satu semangat untuk terus berkembang.

Untuk menjadi seorang yang bersemangat, jadilah diri sendiri yang bersahaja. Orang sekeliling akan mudah mengenal kepada kita apabila mereka melihat diri kita yang sebenarnya jadi bukan terlalu menonjol.

Artikel sebelumnya : Cara Mendapatkan Pembaca Setia Blog

Mengapa blog tidak berkembang?

Tidak Berkomunitas

Aktifitas blogging bukanlah aktifitas menyendiri. Seorang blogger mesti keluar dan memperkenalkan diri sebagai seorang blogger. Jika tidak, bagaimana orang lain bisa tahu tentang blog kita?

Menulis Semua Hal

Blog yang tidak mempunyai fokus. Apabila kita menulis tentang setiap topik, kita tidak memberi fokus yang sepenuhnya kepada apa -apa pun.

Jika mau berhasil dalam bidang yang sesak dan penuh persaingan seperti blogging, pilihlah niche blog yang lebih kecil dan fokus secara mendalam. Dengan cara ini kita bisa menjadi seseorang yang sangat berbeda dalam masa yang singkat!

Sebagai contoh, jika mau membangun sebuah blog tentang pemasaran, bukannya menulis tentang semua perkara tentang pemasaran, contoh pemasaran digital, media sosial atau bisnis affiliate.

Tidak Peduli Tentang SEO

Buat  beberapa kajian mengenai apa yang ingin ditulis. Tanpa analisis kata kunci, kita tidak bisa membawa trafik mesin pencari untuk sampaike blog. Banyak yang tak berapa suka ambil tahu mengenai SEO, tetapi ia adalah perkara penting yang bisa menukar momentum blog untuk berkembang dengan lebih cepat.

Belajarlah sekurang-kurangnya dasar-dasar SEO untuk membawa trafik berkualitas dari Mbah google.

Target hanya update

Isi blog  harus berbeda daripada orang lain, kenapa orang perlu membaca blog kita sedangkan tiada ada apa-apa yang unik dalam Isi  blog?

Ambil waktu untuk menerbitkan posting baru, buat  riset dengan baik sebelum menulis sesuatu.

Jangan sekali-kali menulis tanpa penelitian yang benar, yang bisa membawa kepada informasi yang disampaikan itu tidak lengkap atau tergantung.

Posting yang tidak menentu

Saya tidak akan membicarakan mengenai sama ada blogger perlu  menulis setiap hari atau tidak. Apa yang saya sarankan  adalah untuk mempertahankan ke-konsisten menulis blog.

Jika rutin menulis 3 posting seminggu, lanjutkan
Jika hanya menulis 3 posting sebulan, lanjutkan secara konsisten.

"Jumlah tidak penting, yang penting adalah usaha berterusan secara konsisten".

Posting tidak mempunyai sentuhan pribadi

Bagaimana pembaca  bisa mengenali penulis blog?
Cara terbaik untuk melakukannya adalah: mempunyai gaya penulisan tersendiri. Ia tidak mustahil jika kita mempunyai kebiasaan menulis dan membaca yang baik. Ia membutuhkan waktu, tetapi ianya bernilai sekiranya dibiasakan !

Kurang Motivasi

Motivasi saya sendiri menjadi seorang blogger yakni supaya bisa mendepak artikel blogger lain dari SERP, Sebagai seorang blogger, semua orang memerlukan motivasi yang benar untuk berhasil.

Membaca wawancara penulis blog yang berhasil, menonton cerita-cerita keberhasilan mereka untuk dijadikan motivasi kepada diri sendiri untuk berhasil. Bandingkan diri dengan diri sendiri, bukan dengan orang lain.

10 comments:

  1. tips yang bagus, kadang memang sulit untuk menumbuhkan motivasi supaya blog kita berkembang,

    ReplyDelete
  2. Mantap Bos Yudi, memang bener bos, konsisten itu sulit bos, sampai saat ini saya juga belum dapat konsisten.

    ReplyDelete
  3. Anonymous10:16

    Assalaamu'alaikum wr.wb, Wahyudi. Saya senang membaca postingan ini. Ia menambah pengetahuan saya tentang menjaga kualitas tulisan yang kita paparkan di blog untuk berkongsi dengan semua pembaca. Salam kenal dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
  4. @devina putri : benar, blogging emg selalu dituntut untuk bisa memotivasi diri sendiri supaya blog-nya berjalan dengan semestinya

    @samsudin syamsu: harus tetep berusaha bos, jangan mudah menyerah

    @webctfatimah: wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

    terimakasih sudah berkunjung, happy blogging

    ReplyDelete
  5. "Topik tidak menentu" hihihi blog ane ini :v

    ReplyDelete
  6. ane butuh motivasi gan biar bisa kenceng ngeblognya :v

    ReplyDelete
  7. Termasuk ane nih... kadang-kadang mud kadang-kadang gak ...butuh penyemangat kayaknya sama kayak agan yg diatas

    ReplyDelete
  8. Kurang motivasi gan.. motivasi dari pacar misalnya.. huehehe

    ReplyDelete
  9. setelah baca-baca artikel di atas saya tambah semangat ngeblok

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah sejak 2009 sampai detik ini berhasil menjaga eksistensi sebagai seorang Blogger Borneo. Semoga semangat ini bisa selalu terjaga sampai nanti. Aminnnn...

    ReplyDelete