Facebook Adalah Social Network

Facebook Adalah Social Network
Dalam akhir-akhir ini, kata facebook sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mungkin kita sering mendengar dengan istilah facebookan, status, update, koment, dan sebagainya. Facebook memang fenomena, kedatangannya mengubah gaya hidup dunia, terutama di dunia internet atau dunia maya.  Facebook menjadi situs yang paling populer, bukan hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. 

Kini, banyak orang yang memiliki akun facebook dan denganmudah berinteraksi dengan orang lain. Bertemu teman lama, teman sekampus, teman satu minat, dan sebagainya.

Tentu saja sebagai alat, facebook memiliki manfaat dan juga bahaya. Namun, karena facebook sebagai alat, manfaat atau bahaya tergantung kita yang menggunakannya. Banyak orang yang sudah merasakan manfaat dari facebook.

Mulai bertemunya orang hilang, menjalin kembali silaturahmi, membangun jaringan, berbagai info, dan sebagai media pemasaran. Jadi, facebook bukan hanya untuk nyari jodoh saja. ups keceplosan,   hahaha

Tentu saja, salah satu manfaat lain dari facebook ialah untuk mencari uang atau untuk Bisnis. Berbeda dengan situs social network lainnya, facebook memang memberikan fasilitas yang memadai untuk menjalankan bisnis. Facebook memberikan fasilitas yang berupa “halaman” atau “fan page” dimana bisa digunakan untuk aktivitas pemasaran produk, jasa, maupun organisasi atau individu.


Tentu saja, manfaat facebook sebagai media pemasaran sudah mulai banyak disadari oleh para pebisnis. Namun masih banyak yang melakukannya dengan cara yang salah dan kurang efektif. Banyak orang yang mencoba membuat halaman dan group, namun sudah sekian lama membernya tetap saja sedikit. 


Atau banyak juga yang melakukan Promosi di facebook dengan cara SPAM yang tentu saja akan merusak citra bisnis Anda sendiri. Jadi jangan sembarang tiru cara orang lain, bisa-bisa Anda terjebak ke dalam cara yang salah.

Facebook Adalah Social Network

Facebook sebagai salah satu social network memiliki fungsi sebagai situs sosial. Tempat bertemu dan berbagai (sharing). Pada dasarnya, orang membuka facebook untuk mendapatkan informasi dari orang lain sekaligus juga berbagi kepada orang lain. Facebook adalah situs pertemanan.

 Saat orang mau berteman dengan Anda artinya mereka sudah menjadi teman Anda, baik sebelumnya sudah menjadi teman maupun baru bertemu di facebook. Anda harus menghargai pertemanan.

Sebagai wujud penghargaan atas pertemanan Anda, maka Anda perlu memperhatikan etika-etika dalam berteman. Jangan sampai kehadiran Anda menganggu teman Anda. Misalnya, mungkin Anda sering melihat banyak orang yang melakukan promosi di wall Anda, pada komentar status Anda, mentag dengan gambar produk, dan sebagainya. Sebagian orang akan merasa terganggu oleh aktivitas ini. Lalu, bagaimana etika dalam pemasaran di facebook?


Sederhana: gunakan fasilitas yang ada sesuai dengan fungsinya. Profil untuk berteman, group untuk berkumpul, dan halaman bisa digunakan untuk bisnis. Bolehkan promosi di profil? Boleh-boleh saja jika bersifat sharing (berbagi) bukan selling (menjual). Menjual, sekali-kali boleh saja, asal jangan sampai teman-teman Anda merasa terganggu oleh aktivitas Anda. 


Demikian artikel tentang Facebook Adalah Social Network semoga kedepannya, banyak teman-teman yang dapat memanfaatkan Akun Facebooknya dengan sebaik-baiknya.


0 comments:

Post a Comment