Memperoleh Rangking Pada Search Engine

Memperoleh Rangking Pada Search Engine
Memperoleh Rangking Pada Search Engine - Didunia internet ada dua macam tipe pencarian situs yaitu Search engine dan direktory apa itu ???  simak penjelasan di bawah ini :

Search engine merupakan sebuah sistem database yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine memiliki program khusus yang biasanya disebut spider. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut. 


Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. 

Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan directory yang meng-index halaman web secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. 


Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki biasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. 

Itulah sebabnya sekarang ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan directory + search engine. Contoh nyata adalah Yahoo yang menggandeng Google sebagai search engine default-nya. Contoh beberapa directory terkenal selain Yahoo adalah Open Directory Project, Looksmart, dan NBCi


Memperoleh Rangking Pada Search Engine

Mempunyai website yang bagus belum tentu menjamin akan mendapatkan rangking dalam penempatan di search engine, atau sangat percuma jika website/blog anda mendapat tempat ke 200 misalnya, siapa yang mau susah-susah mencari halaman yang begitu banyak ???.

Setiap Search Engine memiliki cara dan algoritma masing-masing untuk menentukan rangking dari sebuah web site/blog. Tetapi beberapa poin dibawah ini sudah umum dipakai tolak ukur oleh sebagian besar sistem search engine, dan pastikan kalau web site/blog Anda memakainya.

  • Keyword pada domain name, jika Anda memiliki web site yang berisi masalah pencarian uang misalnya, akan sangat baik kalau Anda menggunakan domain www.cariuang.com.
  • Keyword pada nama file, misalnya Anda memiliki halaman web/blog yang berisi informasi mencari uang online, akan sangat baik jika disimpan dengan nama money.html, ini juga akan mempengaruhi rangking.
  • Keyword pada page title, tag <title> pada halaman HTML sangat penting untuk dioptimalkan. Usahakan agar title yang digunakan mengandung keyword yang relevan dengan isi halaman web.
  • Keyword pada headline, bagi Anda yang sudah menguasai HTML tentu mengenal tag <H1>,<H2>, dst. Tag headline sangat baik dipakai untuk judul sebuah paragraf, misalnya : <H1>Cari Uang Lewat Internet</H1>. Headline sangat diperhitungkan oleh Search Engine.
  • Gunakan keyword yang relevan pada meta tag, janganlah menggunakan keyword yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini bisa dideteksi oleh search engine dan akan dianggap spamming.
  • Keyword pada page content, keyword yang diharapkan harus terdapat pada isi halaman web/blog. Gunakan juga frase atau kata-kata lain yang berhubungan dengan keyword utama.
  • Meta tags, adalah tag-tag HTML khusus yang digunakan untuk menggambarkan keseluruhan dari isi web/blog Anda.
  •  Link Popularity, adalah jumlah halaman web lain yang memasang link ke web site Anda. Beberapa search engine utama sangat memperhatikan hal ini. Semakin besar link popularity suatu web site/blog, rangkingnya akan semakin tinggi. 
Jika web site/blog Anda sudah dioptimalkan sesuai dengan 8 poin tersebut, dijamin akan mendapat rangking yang baik pada search engine, semoga bermanfaat,  salam hangat. 

0 comments:

Post a Comment