Menulis Artikel Di Blog

Menulis Artikel Di Blog
Blogging sudah menjadi suatu rutinitas yang menarik bagi sebagian orang. Khususnya mereka yang punya akun di Blogger atau Wordpress yang selalu rajin menulis artikel atau dalam bahasa sehari-hari di sebut blogger. Yup, mereka  disebut blogger. Yang menarik dari seorang blogger adalah kemampuan dan produktivitas mereka dalam menciptakan suatu karya tulis berkelas, sehingga tak jarang banyak blogger yang menjadi penulis terkenal. Taukah Anda bahwa kita juga bisa mempelajari bagaimana menciptakan suatu karya tulis yang bernilai dan disukai orang lain .

Menulis Itu Apa Sih?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, menulis adalah “membuat huruf atau angka dengan menggunakan alat tulis (pensil, pena, kapur, dan lain sebagainya)”. Tapi apakah itu arti menulis? Ya.. itulah menulis. Seiring dengan semakin kompleks nya kehidupan manusia, menulis bukan hanya sekedar membuat tulisan. Kini Menulis sudah menjadi suatu hobi, sarana maupun pekerjaan yang bermanfaat bagi kehidupan kita .

Penulis, wartawan, mereka adalah sebagian kecil golongan yang menggantungkan hidupnya pada tulisan. Menulis sudah menjadi hal umum dan setiap orang bisa melakukannya. Namun taukah Anda jika dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita dapatkan, antara lain:

  • Menambah pengetahuan kita mengenai sesuatu.
  • Menyalurkan hobi.
  • Membangun “Brand Name”.
  • Melatih kreativitas.
  • Menghilangkan stress.
  • Dll.
Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan belajar dan rutin menulis. Untuk itu melalui blog ini saya akan mencoba berbagi tips mengenai bagaimana menulis yang bisa menyenangkan diri kita. Salah satu sarana publikasi tulisan yang murah dan pembacanya banyak adalah melalui blog. Yup, blog sudah menjadi fenomena di Indonesia. Dan memang nge-blog itu asyik banget loh…. Selain itu, dengan  menulis kita juga berbagi (sedekah) pengetahuan kepada orang lain

Untuk itu, ayo kita terus berlatih menulis supaya memperbanyak amal. Selanjtunya kita akan membahas mengenai berbagai artikel ringan yang akan membantu Anda untuk bisa menulis di blog . O iya, sebelum  lanjut, tentunya kita harus tahu apa itu menulis indah. Menurut opini saya, menulis indah adalah kegiatan menulis yang bisa membuat kita dan orang lain menjadi gembira .


Bagaimana caranya?


Fiksi Atau Non Fiksi


Sebelum kita mulai menulis, ada hal utama yang harus kita pahami. Yaitu bentuk tulisan kita. Secara umum jenis tulisan ada dua yaitu fiksi atau nonfiksi. Nah, silakan Anda pilih yang mana yang Anda sukai. Fiksi atau nonfiksi nih ?Menurut pendapat saya nih, membuat tulisan non fiksi itu cukup menantang dan membutuhkan kerja tapi dijamin tidak stress jika kita melakukannya dengan ikhlas dan tanpa paksaan. Sedangkan untuk fiksi itu cukup menantang kreativitas kita. Misalnya dalam menulis cerpen, gimana? Penulisnya pasti menatap notebook atau laptop sambil berhenti sejenak dan melihat sekeliling.


Terlepas dari sulit yang mana, tapi dua-duanya asyik dan bisa bermanfaat jika kita menikmatinya. Sobat, kita bahas lebih jauh ya.


Fiksi - Jenis karya tulis yang berisi hal karangan dari imajinasi penulis. Contoh karya fiksi antara lain novel, cerpen yang bergenre khusus. Misalnya cerpen tentang cinta, novel tentang horor. Pokoknya semua yang bersifat karangan dan rekaan penulisnya adalah fiksi. Hingga ebook ini ditulis, masih belum banyak blogger yang blognya berisi mengenai cerpen, novel atau karya fiksi lainnya. Jika kita hubungkan ke blog, akan menjadi tema yang menarik jika blog kita berisi hal mengenai cerpen, novel atau cerita tertentu. Untuk itu bagi Anda yang suka membaca dan menulis cerpen tidak ada salahnya terjun ke dunia blogging dan mulai menjadi blogger yang juga sekaligus cerpenis atau novelist di blog Anda . Pasti keren..


Non Fiksi – Jenis karya tulis yang berisi informasi mengenai hal yang nyata dan umumnya dibuat berdasarkan pengalaman atau pengetahuan dari penulisnya. Tujuan membuat karya non fiksi adalah digunakan sebagai bahan pembelajaran orang lain. Untuk blog yang mengusung tema non fiksi sudah banyak sekali di Indonesia, mulai dari yang membahas tutorial Tips dan Trik, motivasi serta Sebuah Renungan, pengembangan diri, info Bisnis Online, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tertarik dan menyukai jenis karya tulis non fiksi, tidak ada salahnya untuk menjadi blogger yang membahas  mengenai non fiksi yang Anda sukai. Baiklah, sekarang silahkan Anda tentukan mana yang Anda sukai dan semua tergantung dari Anda

0 comments:

Post a Comment