Cara Meningkatkan Pengalaman Pengguna Situs Anda

Cara Meningkatkan Pengalaman Pengguna Situs Anda - Berikut adalah sebuah fakta: Sekitar 60 persen pengunjung website biasanya berasal dari Google (ini mungkin tidak berlaku bagi situs-situs yang sudah sangat populer seperti Detik.com atau Amazon.com).

Bila dalam sehari pengunjung website Anda 1000 orang, maka 600 di antara adalah "orang-orang nyasar" yang awalnya mengetik kata kunci tertentu di Google, lalu situs Anda muncul dalam hasil pencarian.


Selain bermanfaat untuk SEO, Meningkatkan Pengalaman Pengguna juga membuat pengunjung betah berlama lama di situs anda,  ini memungkinkan mereka sangat akrab dengan situs anda yang seolah olah mereka berada di rumah mereka sendiri, mereka akan datang berulang kali, sehingga situs anda mudah mempunyai pengunjung yang tetap.

 

Berikut ini ada  cara meningkatkan pengalaman pengguna situs anda:


Cara Meningkatkan Pengalaman Pengguna Situs Anda

1. Desain yang ramah, elegan serta menarik
Desain yang ramah bisa anda lakukan dengan membuat membuat warna background halaman agar tidak terlalu tajam, serta teks atau tulisan yang mudah di baca. Halaman yang terlalu berwarna warni dan teks yang rumit akan membuat pengguna anda malas berlama lama di halaman anda.

2. Ucapkan selamat datang
Jika memungkinkan, buatlah posting audio dan tempatkan pada home page situs anda, ucapkan "selamat datang" dengan bahasa yang semenarik mungkin. Hal ini akan memberi kesan bahwa situs ini di buat oleh manusia, bukan robot.
 
3. Mudah dipahami
Untuk setiap artikel yang anda tulis, haruslah bermanfaat bagi pembaca anda, dan mudah bagi mereka untuk memahami apa yang anda tuliskan. Tulisan yang bertele tele akan membuat pengguna anda cepat bosan.

4. Loading yang cepat
Pastikan halaman anda memuat dengan cepat ketika pengunjung mengklik halaman anda, karena halaman yang lama memproses data akan membuat pengguna bosan menunggu.

Caranya: Dengan mengurangi beban data halaman tersebut, baik itu gambar yang besar, video auto play ataupun iklan yang terlalu banyak.

Sadarilah kawan, pada dasarnya hampir semua orang tidak suka melihat iklan. Apalagi bila situs Anda masih baru, Anda belum dikenal oleh siapapun di dunia maya, dan website Anda hanya berisi iklan dan katalog produk, maka ini adalah kondisi yang sangat buruk.
5. Navigasi posting
Navigasi posting adalah sangat penting, Artikel Sebelumnya - Selanjutnya, artikel terbaru, artikel terpopuler, artikel terkait, Artikel kategori dll, sangat penting untuk  di tempatkan pada setiap halaman anda, agar pengguna dengan mudah bisa memilih ataupun menemukan apa yang mereka cari.

Baca selengkapnya di: Strategi terbaik membangun internal link SEO

6. Site Map / Index / Daftar Isi Blog
Sangat perlu untuk membuat indeks posting anda, agar pembaca anda dapat dengan mudah menemukan apa yang kira kira menarik bagi mereka untuk di baca, selain itu juga site map sangat berguna untuk struktur SEO halaman anda.

7. Tombol sharing
Jangan lupa menambahkan tombol share atau "bagikan ke teman" pada setiap halaman anda, hal ini akan membuat pengguna terlibat langsung pada situs anda dan juga secara otomatis akan membuat backlinks langsung ke halaman anda jika artikel yang telah di baca, dibagikan oleh pengguna pada temannya di web social media seperti Facebook dan Twitter.
 
8. About us
Agar pengguna bisa tahu dengan jelas, misi anda, siapa anda dan lebih lengkap tentang web anda.

9. Bantuan (help) / Konsultasi
Terakhir, adalah sebaiknya anda menyiapkan diri untuk melayani setiap pengguna yang mengalami kesulitan pada situs anda, baik itu masalah gambar yang rusak, teks yang tidak jelas, link mati, downloads dan segala macamnya. Jawablah setiap pertanyaan mereka sebisa anda dan secepat mungkin. Ini akan menunjukkan bahwa anda adalah seorang webmaster yang profesional.

Karena itu, penuhilah website Anda dengan hal-hal yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Bila Anda mengelola toko online yang berjualan bunga mawar, maka penuhilah website ini dengan artikel-artikel tentang kiat merawat mawar, jenis-jenis bunga mawar, database kebun mawar sedunia, dan sebagainya.

Tapi satu hal yang perlu kita sadari, internet adalah sebuah dunia yang perkembangannya sangat cepat. Pertumbuhan pengguna internet terus berkembang dari tahun ke tahun.

Jadi walau pengguna internet hingga hari ini masih sedikit, Insya Allah prospek ke depannya sangat cerah. Karena itu, kita harus tetap optimis dalam mengelola sebuah blog.

Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. terima kasih tips trik dan tutorialnya gan. Kudu cepet - cepet di terapin di blog aku nih :D.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk tips dan triknya. Salam kenal.

    Silahkan dapatkan buku2 terbaru terbitan tahun 2015. Dan dapatkan diskonnya.

    http://www.honbookstore.com/

    Silahkan kunjungi balik dan tinggalkan jejak alias komentar.

    -Hon Book Store-

    ReplyDelete